Sunday, October 02, 2005

Menhub Minta Pemda Segera Tetapkan Tarif Baru Angkutan

JAKARTA--MIOL: Menteri Perhubungan Hatta Radjasa meminta pemerintah daerah agar segera menetapkan tarif baru angkutan supaya pemberi layanan jasa transportasi di wilayah mereka tidak melakukan aksi mogok menuntut kenaikan ongkos sehubungan naiknya harga bahan bakar minyak (BBM).
"Begitu BBM naik, secepatnya tentukan tarif baru," kata Hatta Radjasa di sela-sela peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti Lubang Biaya, Jakarta, Sabtu (1/10).
Hatta mengatakan bahwa permintaannya tersebut sudah dilakukan pada sidang kabinet yang diikuti oleh seluruh gubernur di Indonesia. Dia mengatakan bahwa tarif angkutan baru itu merupakan wewenang pemda
mulai dari bupati, walikota dan gubernur.
Namun Hatta meminta agar semua pihak jangan melakukan aksi yang dapat merugikan karena jika ada pemogokan masyarakat pengguna jasa transportasi akan menjadi korban.
Menhub juga sudah melakukan koordinasi dengan Kapolri Jenderal Polisi Sutanto untuk mengendalikan kondisi di lapangan guna menjaga kemungkinan adanya gangguan transportasi. Namun Hatta mengatakan sebenarnya banyak supir angkutan umum yang tidak mau mogok.
"Mereka jalan terus tapi ada yang menyetop," kata Hatta. Ia yakin bahwa supir-supir tersebut masih ingin mencari nafkah namun ada yang memprovokasi untuk mogok.
Mengenai besarnya kenaikan tarif yang layak, Hatta menyebutkan angka sekitar 20 persen. Hatta mengatakan pada saat rapat kabinet dengan para gubernur dia telah membagikan perumusan dan komponen mengenai tarif angkutan. Pengaruh kenaikan BBM terhadap bus sedang sekitar 13-14 persen, sementara angkutan kota sebesar 21,2 persen jika kenaikan BBM mencapai 100 persen.
Ia mengatakan bahwa saat ini premium hanya naik sekitar 87,5 persen sehingga jika ingin melakukan kenaikan yang adil maka maksimum tarif naik 21,2 persen. Ia juga mengatakan ada 12 komponen yang menentukan tarif antara lain biaya terminal dan BBM. (Ant/OL-06)

1 Comments:

Anonymous Anonymous said...

CRN WEB Blogs
Extending Utility Computing into the branch office DiskSites allows enterprises to leverage their Utility Computing strategy and extend it to branch offices, allowing branch users access to a centralized file ...
Find out how you can buy and sell anything, like things related to music on interest free credit and pay back whenever you want! Exchange FREE ads on any topic, like music!

2:21 PM  

Post a Comment

<< Home